mutimedia

Posted: January 4, 2012 in Biography

—MULTIMEDIA &VIRTUAL REALITY
Pengantar multimedia

Yaitu interaksi antara teks, suara, gambar statis, animasi dan video (perry, 1994)

ØDitinjau dari kata pembentuknya.

multimedia berarti melibatkan berbagai media.

Ø   Aplikasi Multimedia:
1. Presentasi Bisnis
2. Pelatihan berbasis komputer
3.Hiburan
4. Pendidikan
5. Penyajian Informasi
6. Kios Interaktif
7. Telekonferensi
ØBeberapa kompenen multimedia yang digunakan :
• Kartu Suara
•Speaker
•Mikropon
ØPeralatan yang digunakan untuk membangun suatu  aplikasi multimedia dapat

dilihat di gambar ini

Elemen Multimedia

Teks

•  Merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi, baik model baris perintah ataupun GUI.
Ø Suara
• Suara merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi

tertentu.

• Suara pada komputer disimpan dengan berbagai format
ü  Midi
ü WAVE
üMP3
üWMA, dll
Ø Gambar Statis
Ø Animasi
Ø Video

Gambar Statis

• Berbagai format gambar yag telah diimplementasi dalam             sistem komputer :
ü BMP
ü CDR
ü GIF
ü JPG
ü PNG
ü TIFF
ü PCX
• Berbagai perangkat lunak untuk membuat gambar statis :
ü Adobe Photoshop
ü Coreldraw
üPaint, dll
ØAnimasi
• Merupakan teknik untuk membuat gambar yang bergerak.
• Contoh aplikasi sederhana untuk membuat animasi Ulead GIF Animator.
• Film-film di layar televisi pada saat ini banyak yang menggunakan teknik animasi.
Ø Video
• Aplikasi sederhana untuk membuat film dengan format AVI yaitu

Adobe Premiere, Windows Movie Maker

• Format berbagai video
ü AVI
ü MOV
ü MPEG, dll

Virtual Reality

•Virtual Reality yaitu teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3D) sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.
• Digunakan pada perancang obat, Arsitek, insinyur, pekerja medis, pilot, dll.
• Peranti Virtual Reality :
ü Glove (sarung tangan)
üHeadset
üWalker

Istilah

—Istilah Realitas maya tidak pasti asalnya.
—Pengembang virtual reality, Jaron Lanier, mengakui bahwa ia menggunakan istilah itu pertama kali.
—Istilah terkait digunakan oleh Myron Krueger adalah “artificial reality” telah digunakan sejak tahun 1970.
—
ØCara kerja Virtual Reality

• Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis.

• Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis.

• Melalui headset, glove, dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun psikologis.

—
—Virtual Reality (Cont’d)
—Untuk memasuki Virtual Reality, pengguna mengenakan sarung tangan khusus, earphone, dan kacamata khusus yang terhubung dengan komputer dan sistem yang di dalamnya.
—Untuk hasil yang lebih baik, biasanya piranti Virtual Reality ini juga memonitor apa yang dilakukan user.
—Virtual Reality (Cont’d)
—Virtual Reality terkadang digunakan untuk menyebut dunia virtual yang disajikan ke dalam komputer, seperti pada berbagai macam game permainan komputer  yang kini marak perkembangannya, meskipun hanya berbasis representasi teks, suara dan grafis.

8***********************************************************************************************

Pengertian Multimedia

Penggunaan beberapa media yang digabungkan yang berfungsi untuk menyampaikan informasi dalam bentuk
teks, audio, grafik, animasi, atau video.

Aplikasi Multimedia

Pengembangan Sumber Daya Manusia

Hiburan

Pendidikan

Penyajian informasi

Bidang Kesehatan

dll

Komponen Multimedia

Ada empat komponen utama multimedia:

1. Komputer, suatu alat yang digunakan oleh user untuk berinteraksi.
2. Links, yang menghubungkan user dengan informasi.
3. Alat navigasi, yang memungkinkan user dapat  menjelajahi informasi yang ditampilkan dan saling terhubung.
4. Tempat, disediakan kepada user untuk berbagi, memroses, mengomunikasikan informasi dan ide user sendiri.

Elemen Multimedia

Teks, bentuk media yang paling umum digunakan

dalam menyajikan informasi.

Gambar, salah satu elemen terpenting dalam multimedia. File gambar dikenal dengan nama image dan format gambar di komputer antara lain adalah BMP, JPG, GIF, TIF, WMF dan lain-lain.

Suara, akan menambah daya tarik bagi user karena informasi yang ditampilkan akan menjadi lebih nyata dan menyenangkan. Dalam aplikasi windows terdapat dua tipe standar suara yang umum digunakan yaitu tipe WAVE dan MIDI.

Video, elemen tambahan yang berisi rekaman dari kaset video atau yang lainnya yang bersifat analog. Kemudian dimasukkan dalam lingkungan komputer yang berubah menjadi gambar-gambar digital yang tidak jauh berbeda dengan animasi yang bersuara. Umumnya format file video yang digunakan adalah AVI yang merupakan standar video dalam sistem operasi windows.

Efek Positif multimedia

Bidang Pendidikan
• Mahasiswa menjadi tidak mudah bosan dihadapkan hanya pada buku teks.
• Suasana pengajaran dan pembelajaran yang interaktif akan menggalakkan komunikasi berbagai hal.
• Media yang memanfaatkan sepenuhnya indra penglihatan dan pendengaran yang mampu menarik minat belajar.

Efek Positif multimedia

Bidang Bisnis
• Sejumlah perusahaan memberikan training pada pegawainya dengan materi training berbasis multimedia dalam bentuk simulasi. Misalnya: NASA menggunakan multimedia untuk training flight control bagi calon astronot

Efek Positif multimedia

Bidang Entertainment
• Multimedia membuat edukasi menjadi lebih menarik (edutainment)
• Multimedia sebagai pendukung kegiatan entertainment (animasi dan laser show yang terintegrasi pada konser musik)
• Video/music Player

Efek Positif multimedia

Bidang Politik
Dalam melakukan aksi kampanye pada jaman sebelum multimedia belum terlalu berkembang masih menggunakan lisan atau tulisan di selembaran atau sticker atau baliho. Kini setelah multimedia berkembang sangat baik, aksi kampanye telah menyebar ke dunia maya.

Efek Positif multimedia

Bidang Kesehatan
Kini telah terdapat alat-alat medis kedokteran serba canggih untuk megetahui atau mendeteksi keadaan tubuh dalam manusia. Seperti USG, Rontgen, Tensi darah, alat citiscan, HD, dll.

efek negatif multimedia

Bidang Pendidikan
• Dengan adanya pembelajaran jarak jauh atau e-Learning tidak adanya interaksi secara langsung sehingga pengajar tidak akan lebih intensif memonitori perilaku pelajarnya dan pengurusan sertifikasi hasil belajar di nilai rumit
• Keberadaan guru dan tenaga pelajar sudah tidak lagi di prioritaskan
• Baru-baru ini banyak oknum-oknum yang memanfaatkan program sertifikasi yang di adakan oleh lembaga atau instansi tertentu contoh:sertifikasi dari Microsoft Corporation yang terdapat penjokian di dalamnya.

efek negatif multimedia

Bidang Bisnis
• Adanya pihak-pihak yang melakukan black market (ilegal) dalam internet
• Hacker melakukan hacking guna proses transaksi

efek negatif multimedia

Bidang Entertainment
• Multimedia dalam bentuk gambar atau video banyak gambar atau film yang mengandung pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal

efek negatif multimedia

Bidang Kesehatan
• Dengan kemajuan multimedia praktek aborsi ilegal pun dapat dilakukan dengan tool-tool multimedia.
• Banyaknya pabrik toko narkoba menunjukan begitu mudahnya penggunaan multimedia untuk transaksi obat-obatan terlarang.

efek negatif multimedia

Bidang Politik
• Para elit politik pada pileg dan pilpres banyak menggunakan black campaygn (kampanye hitam) melalui internet beligho,spanduk dsb
• Dengan adanya kemajuan teknologi multimedia para koruptor dapat leluasa untuk melakukan aksinya, walaupun saat ini ada teknik penyadapan dari instansi yang berwenang tetapi cara itu belum sepenuhnya menjerat para koruptor.

Pengertian Virtual Reality

Suatu perkembangan teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu keadaan nyata yang disimulasikan secara tiga dimensi (3D) oleh komputer sehingga membuat pengguna seolah-olah terlibat secara fisik.

Aplikasi Virtual Reality

Aplikasi dari virtual reality misalnya pada aplikasi kedokteran, game, sampai pelatihan militer. Ada juga VR yang digunakan untuk mengatasi ketakutan akan ketinggian dan dijadikan sarana terapi.

Aplikasi Virtual Reality (1)

Bidang militer : simulasi latihan perang, simulasi latihan terjun payung, dan sebagainya.

Aplikasi Virtual Reality (2)

Bidang kedokteran : pelatihan pembedahan dan terapi fisik.

Aplikasi Virtual Reality (3)

Hiburan : simulasi ski, simulasi pertempuran, permainan balap.

Aplikasi Virtual Reality (4)

Gastroscope Pelatihan Simulator

Aplikasi Virtual Reality (5)

Dragline

Aplikasi Virtual Reality (6)

Untuk mencari informasi tentang tempat yang dilihat secara real time

Aplikasi Virtual Reality (7)

Bidang manufaktur : Pengujian rancangan, prototipe semu, analisis ergonomik, simulasi semu dalam perakitan, prosuksi dan pemeliharaan

Komponen Virtual Reality

• Visual Display
Tampilan yang bisa menutup 100 derajat horizontal dan 50 derajat vertikal
Tampilan lain ditutupi

• Head Position sensing
Sistem dapat mengetahui posisi kepala

• Hand Position sensing
Pengenalan posisi tangan dengan sarung tangan khusus

• Force Feedback
Dapat merasakan “memegang” dan “menabrak”

• Sound Input dan Output
Suara yang menambah kesan nyata
Pengenalan suara untuk memberi perintah

• Other Sensasions
Pada simulator pesawat terbagn : kemiringan dan getaran
Suhu udara, angin, bau

• Cooperative and Competitive VR
Dua orang menggunakan sistem untuk bekerja sama atau bertanding

Cara Kerja

Pengguna melihat suatu dunia maya yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis.

Melalui perangkat headphone atau speaker, pengguna dapat mendengar suara yang realistis.

Melalui headset, glove, dan wolker, semua gerakan pengguna dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi  yang sesuai sehingga pengguna seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun psikologis.

Efek Positif dan Negatif (1)

Efek Positif

Virtual reality merupakan sebuah media yang bisa menghidupkan imajinasi bagi para penggunanya.

Dalam bidang militer, Virtual Reality dipakai untuk melakukan latihan perang dan terjun payung.

Teknologi bisa lebih menghemat biaya dibandingkan dengan cara konvensional.

Media Komunikasi dalam menangani masalah transportasi perkotaan

Efek Positif dan Negatif (2)

Efek negatif

Orang yang terlibat dalam penggunaan sistem ini kerap  mengalami gangguan yang disebut cybersickness (Haag, Cummings, dan Dawkin, 2000, hal 294)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s