materi awal

Posted: January 4, 2012 in Biography

— Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi

—  Definisi TIK

  1. Menurut Haag dan Keen ( 1996 )

Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu manusia bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi

  1. Menurut Martin ( 1999 )

Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi

—  Definisi TIK (2)

  1. Menurut Williams dan Sawyer ( 2003 )  Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video
  2. Konklusi

Teknologi Informasi merupakan gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi, sehingga lebih tepat kalau diistilahkan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

5.     Saat ini TIK hampir bisa diidentikkan dengan jaringan   internet, paling tidak dari protokol yang digunakan.

—  Contoh Teknologi Informasi dan Komunikasi

—  Pengiriman SMS (Short Message Service)

—  Alat : handphone

—  Media : udara (wireless)

—  Data/informasi : text

—  Pengiriman MMS (Multi Media Service)

—  Alat : handphone

—  Media : udara (wireless)

—  Data/informasi : text, gambar

—  Pengiriman e-mail

—  Alat : komputer, hand phone, PDA (Personal Data Assistant)

—  Media : udara (wireless), kabel

—  Data/informasi : text

—  Akses Facebook

—  Alat : hand phone, komputer, PDA

—  Media : wireless, kabel

—  Data/informasi : text, gambar, video

—  Aplikasi SIM Akademik :

—  Alat : komputer

—  Media : wireless, kabel

—  Data/informasi : text

—  Saling bertukar file lagu menggunakan handphone melalui bluetooth

—  Sejarah TIK

—  Pengiriman informasi pada awalnya dilakukan secara langsung antara pengirim dan penerima (face to face)

—  Sejarah TIK (2)

—  Tahun 1875, ditemukan telepon oleh Alexander Graham Bell, diikuti penggelaran jaringan komunikasi kabel di Amerika dan trans atlantik

—  Sejarah TIK (3)

—  Tahun 1910 – 1920, terealisasi pengiriman suara tanpa kabel melalui siaran radio AM (Amplitudo Modulation) yang pertama

—  Sejarah TIK (4)

—  Tahun 1940-an, terwujud transmisi audio-visual tanpa kabel, sehingga muncul siaran televisi

—  Sejarah TIK (5)

—  Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943,

—  Tahun 1947 miniaturisasi komponen elektronik melalui transistor

—  Tahun 1957 tercipta rangkaian terpadu (integrated circuit)  atau IC

—  Sejarah TIK (6)

—  Tahun 1957

—  USSR (Uni Sovyet) meluncurkan Sputnik, US merespon dengan membentuk Advanced Research Projects Agency (ARPA)

—   1968

—  Bolt Beranek dan Newman, Inc. (BBN) memenangkan kontrak Packet Switch untuk membangun Interface Message Processors (IMPs) bagi jaringan  ARPANET

—  Sejarah TIK (4)

—  Tahun 1969 : terbangun jaringan komputer pertama, ARPANET, terdiri dari : 4 simpul (node), dengan kecepatan 50 kilo bit per detik (kbps)

—  Ekspansi awal dari ARPANET

—  Multiple Networks

—  Tahun 1974: rancangan awal protokol TCP untuk menghubungkan multi jaringan

—  Tahun 1986: NFS membangun jaringan NFSNET sebagai tulang punggung (backbone), menghubungkan 6 pusat supercomputer dengan kecepatan 56 kbps.  Jaringan ini cikal bakal internet

—  Tahun 1987: koneksi sudah mencapai 10,000 komputer

—  Tahun 1988: NFSNET backbone dikembangkan menjadi 1.5Mbps

—  Tahun 1989: koneksi diperkirakan sudah mencapai 100,000 kompouter

—  Web dan Komersialisasi Internet

—  Tahun 1990: ARPANET tamat

—  Tahun 1991: Organisasi riset nukler EROPA (CERN) merilis  World Wide Web (WWW)

—  Tahun 1992: koneksi sekitar 1 juta komputer

—  Saat ini tulang punggung jaringan sudah mencapai kecepatan 10 Gbps, komputer yang terhubung diperkirakan mencapai 500 juta yang tersebar di lebih 150 negara

—  Perkembangan Internet

Number of Hosts on the Internet:

Aug.  1981                           213

Oct. 1984                1,024

Dec. 1987          28,174

Oct. 1990        313,000

Jul.  1993     1,776,000

Jul.  1996    19,540,000

Jul. 2000   93,047,000

Jul. 2002  162,128,493

—  Karakteristik TIK

—  Mampu menyediakan informasi

—  User Friendly,  di – design dengan tepat untuk mempermudah akses informasi bagi pengguna.

—  Handal

—  Siklus inovasi yang cepat

—  Mempunyai waktu respon yang minimal

—  Teknologinya beragam dan sudah stabil

—  Desentralisasi / Individualisme; penggunaan teknologi ini cenderung mengarahkan masyarakat menjadi individualis, karena kemudahan yang ditawarkan

 

*********************************************************************************************

— PTIK – PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

—  Tujuan Perkuliahan

—  Mahasiswa mengetahui tentang macam-macam perangkat keras untuk komputer (input device, process device, output device, storage device, periferal device).

—  Perangkat Keras (Hardware)

—  Hardware (perangkat keras) adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

—  Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi:

1. input device (unit masukan)

2. Process device (unit pemrosesan)

3. Output device (unit keluaran)

4. Storage device(unit penyimpanan)

5. Periferal (unit tambahan)

—  1. Input Device (Unit Masukan)

—  Fungsi: untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.

—  Macam-macam alat input:

  1. Keyboard
  2. Mouse
  3. Touchpad
  4. Light Pen
  5. Joy Stick dan Games Paddle

—  1.Input Device-Keyboard

Keyboard adalah perangkat input berbentuk papan ketik yang memiliki tuts atau tombol huruf, tombol angka, tombol karakter khusus, dan tombol fungsi.

—  Macam-Macam Keyboard

  1. Roll-up Keyboard

Keyboard dengan 104 tombol qwerty ini dapat dilipat-lipat sesuka hati

—  Macam-Macam Keyboard (2)

2. Virtual Laser Keyboard

—  Virtual Keyboard ini menggunakan lampu proyeksi berukuran layaknya keyboard PC.

—  Digunakan untuk PDA dan Smart Phones.

—  Virtual Keyboard ini menyediakan shortcuts untuk mengakses e-mail, word dan spreadsheet Excel.

—  Harga sekitar 150 USD

—  Macam-Macam Keyboard (3)

3. Wirst Keyboard

—  Keyboard ini lentur dan tahan air.

—  Keyboard ini dapat melipat di tangan.

—  Macam-Macam Keyboard (4)

4. Frogpad

Keyboard katak dengan tombol-tombol praktis namun gampang dioperasikan.

—  Macam-Macam Keyboard (5)

5. Maltron 3D keyboard

Mengetik pada keyboard yang satu ini tidaklah mudah.Tapi keyboard ini cocok untuk orang yang memiliki masalah medis dengan tangan.

—  Macam-Macam Keyboard (6)

6. Orbitouch Keyboard

—  Keyboard 3 in 1 ini menyatukan mouse, keyboard, dan speaker dalam satu perangkat.

—  Macam-Macam Keyboard (7)

7. Tiddy Tippist

—  Keyboard ini penuh dekorasi dengan tombol yang dibuat seperti taplak meja.

—  Keyboard beserta komponen elektroniknya dilindungi oleh berlapis-lapis pelindung anti air.

8. Savetype Keyboard

—  Keyboard ini dapat diputar kemanapun sesuai keinginan pengguna.

—  Harga sekitar 300 USD

9. Twiddler

—  Keyboard  ini sangat unik.

—  Hanya menggunakan satu tangan saja untuk mengetik.

—  Pengguna bisa belajar mengetik hingga 30 kata per menit.

10. Datahand Keyboard

—  Keyboard ini merupakan gabungan mouse dan keyboard.

—  Keyboard dipisahkan untuk menyediakan tambahan kenyamanan.

—  Harga ritelnya di Internet adalah $350.

11. Optimus Keyboard

—  Keyboard unik yang dilengkapi shortcut ke aplikasi yang disukai pengguna.

—  Harga sekitar 450 USD.

12. Dass Keyboard

—  Keyboard tanpa angka dan huruf.

—  Keyboard ini dikendalikan dengan kemampuan pengguna mengingat tombol-tombol tersebut.

13. Alphagrip

—  Keyboard ini merupakan keyboard 3 in 1 yang menggabungkan gamepad, keyboard dan mouse trackball seperti blackberry.

—  Harga sekitar 100 USD

14. The Combimouse

—  Keyboard Combimouse diciptakan untuk menggabungkan mouse dan keyboard.

—  Keyboard kanan digunakan untuk mouse, dengan dua tombol berfungsi ganda sebagai klik kiri atau kanan.

—  Roda spin terletak di bagian bawah keyboard kiri.

15. Evolution Keyboard

—  Keyboard ini dapat dipisahkan dan disatukan.

—  Kedua sisi dapat anda posisikan sesuai kemauan anda, dan dapat diputar sampai sembilan puluh derajat keberbagai arah.

—  Harganya berkisar antara $400 sampai $700.

16. SenseBoard Keyboard

—  Keyboard ini bekerja menggunakan sensor pendeteksi gerakan tangan/jari.

—  Keyboard virtual ini digunakan pada device yang aslinya tidak memiliki keyboard, misalnya PDA.

17. The ElekTex Fabric Keyboard

—  Keyboard ini merupakan keyboard tanpa kabel didalam secarik kain.

—  Jika kotordapat dicuci.

—  Harga sekitar $80.

18. FingerWorks TouchStream LP

—  Keyboard ini merupakan gabungan mouse dan keyboard.

—  Keyboard dipisahkan untuk menyediakan tambahan kenyamanan.

—  Semua tombolnya datar, yang dapat membuat perasaan aneh saat pengetikan.

—  Harga ritelnya sekitar $350.

19. Handwriting Recognition Keyboard

—  Alat ini merupakan gabungan antara papan keyboard dan touch screen.

—  Pada alat ini terdapat bidang untuk menulis atau menggambar dengan pena pada permukaan touch screen

20. Mykeyo Organizer Keyboard

—  Keyboard ini punya fungsi lain yang mirip kotak penyimpanan.

—  Selain berfungsi sebagai keyboard biasa, di bawah papan tombolnya terdapat alat untuk menyimpan beberapa peralatan kecil seperti CD, flash disk, alat tulis kantor, dll.

21. Wireless Illuminated Super Tiny Keyboard

—  Dua keistimewaan keyboard ini adalah: Bentuknya yang mungil hanya seukuran kartu dan mudah dibawa-bawa, dan juga pada keyboard ini ada pencahayaan dari dalam sehingga tetap bisa digunakan walau pada ruang minim cahaya sekali pun.

—  1.Input Device-Mouse

—  Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.

—  Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).

—  Macam-Macam Mouse (1)

1. AirO2bic

—  ”Mouse” untuk penderita parkinson

—  Mouse ini terbuat dari plastik, dengan dimensi yang cenderung vertikal.

—  Pengguna cukup menggerakkan tangannya seperti ketika ia berjabat tangan dengan orang lain. Dua klik dan scroll wheel pun tersedia. Cuma, letaknya bukan di samping, melainkan di bagian bawah.

—  Cara menggerakkan kursornya sama seperti mouse konvensional.

—  Mouse ini membantu penderita Carpal Tunnel Syndrome (CTS), penyakit penyempitan saraf medianus di sekitar pergelangan tangan yang muncul karena aktivitas berlebih. Dengan rajin-rajin menggunakan mouse ini, gejala umum penyakit yang muncul karena aktivitas berlebih itu bakal berkurang.

—  Harga 99,99 dolar AS.

—  Macam-Macam Mouse (2)

2. Zero tension

—  ”Mouse” antipegal.

—   Klik kanan dan kiri mouse ini terletak di genggaman tangan, sementara scroll wheel-nya di ujung atas.

—  Harganya sekitar 79,95 dolar AS.

—  Macam-Macam Mouse (3)

3. Wow Pen Deluxe

—  ”Mouse” pena serbaguna.

—   Dengan koneksi wireless mouse ini dapat digunakan dalam radius 55 meter dari komputer.

—  Mouse ini memiliki memory space sebesar 256 – 512 MB. Cukup besar untuk dimanfaatkan sebagai penyimpan data layaknya sebuah flash disc.

—  Harga Rp 660 ribu.

—  Macam-Macam Mouse (4)

4. Sysgration”Mouse” plus phone VoIP

—  Mouse ini didesain oleh perusahaan penyedia jasa digital telephone atau VoIP (Voice over Internet Protocol).

—  Fungsi utamanya tetap sama seperti mouse biasa. Tapi, begitu bagian atasnya dibuka, langsung berubah menjadi ponsel model flip. Selain keypad, mouse ponsel ini juga dilengkapi layar LCD monochrome. Memungkinkan untuk mengirim dan menerima SMS.

—  Macam-Macam Mouse (5)

5. Pointer Wireless ”Mouse”

—  Bermanfaat untuk presentasi.

—  Pengguna dapat menggerakkan pointer-nya meski mouse tidak diletakkan pada mouse pad. Maklum, scroll ball diletakkan di bagian atas, dan bolanya dapat bergerak ke segala arah.

—  Dilengkapi laser pointer, amat cocok buat mereka yang sering menggelar presentasi.

—  Harganya 150.000 yen.

—  Macam-Macam Mouse (6)

6. Mouse MX518

—  Fungsi maksimal untuk para ”gamer”.

—  Di atas dan bawah roda penggulung terdapat tombol untuk mengatur resolusi. Pengguna bisa menyetel resolusi menjadi 400, 800, atau 1.600 dpi (dot per inch), dengan prosesor image 5,8 megapixel (MP).

—  Di sisi kiri bodi mouse, terdapat dua tombol untuk forward (maju) dan backward (mundur). Tombol ini dapat digunakan untuk forward dan backward situs internet yang sedang diselancari. Atau, bisa pula untuk menjalankan presentasi PowerPoint dan memilih lagu MP3 pada aplikasi WinAmp.

—  Macam-Macam Mouse (7)

7. MugMouse

—  Berfungsi jadi cangkir kopi.

—  Berkomputer sambil minum kopi atau susu panas memang mengasyikkan.

—  Saat MugMouse ini diisi dengan minuman, mugmouse harus digeser dengan lebih lambat dan hati-hati ketika dipakai bak mouse konvensional.

—  1.Input Device-Touchpad

—  Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.

—  Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse.

—  Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

—  1.Input Device-Light Pen

—  Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).

—  Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

—  1.Input Device-Joy Stick dan Games Paddle

—  Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer.

—  Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

—  1.Input Device-Barcode

—  Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.

—  Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.

—  Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

—  Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.

—  Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.

—  Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B.

—  1.Input Device-Kamera Digital

—  Kamera ini dinamakan dengan kamera digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner.

—  Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.

—  1.Input Device-Mikropon dan Headphone

—  Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.

—  Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

—  1.Input Device-Graphics Pads

—  Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads.

—  Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.

—  2.Proses Device

—  Proses kerja komputer merupakan satu rangkaian kerjasama antar beberapa komponen.

—  Kinerja komputer tidak ditentukan atau didominasi oleh suatu alat, namun paduan dari sejumah komponen.

—  Contoh Proses Device

  1. Power Supply
  2. RAM (Memory)
  3. VGA
  4. Processor
  5. Motherboad
  6. Kartu Suara

—  2.Proses Device-Power Supplay

—  Power supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer.

—  Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal (unit tambahan).

—  2.Proses Device-RAM (Random Access Memory) – Memory

—  Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara.

—  Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yang dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.

—  2.Proses Device-Kartu grafis (kartu VGA)

—  Kartu VGA (Video Graph Array) adalah komponen komputer yang berfungsi menghubungkan mainboard dengan monitor.

—  Alat ini berfungsi memproses tampilan pada layar monitor. Besar kecilnya resolusi dan ketajaman warna yang ditampilkan monitor, selain ditentukan oleh monitor juga sangat ditentukan oleh kartu VGA.

—  Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar.

—  Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar.

—  Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.

—  2.Proses Device-Prosesor

—  Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan otak komputer.

—  Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi .

—  Di Indonesia, kita mengenal beberapa merek prosessor, di antaranya Intel, AMD (Advanced Micro Device), PowerPC, dan Cyrix.

—  2.Proses Device-Motherboard

—  Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung.

—  Motherboard biasa disingkat dengan kata mobo.

—  Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.

—   2.Proses Device – Kartu Suara

—  Kartu suara atau sound card adalah komponen komputer yang berfungsi mengolah suara.

—  Alat ini dapat digunakan sebagai alat input, alat proses atau alat output. Kualitas suara yang dihasilkan oleh komputer ditentukan oleh mutu kartu suara yang terdapat di dalamnya dan kualitas speaker.

—  3. Output Device (Unit Keluaran)

—  Informasi yang telah diproses oleh komputer ditampilkan kepada pengguna melalui alat output.

—  3. Output Device-Monitor

—  Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor.

—  Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan.

—  Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

—  3. Output Device-Printer

—  Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.

—  Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.

—  3. Output Device-Speaker

—  Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya.

—  Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

—  3. Output Device – Proyektor LCD

—  Proyektor LCD adalah alat yang berfungsi menampilkan objek yang dihasilkan komputer ke bidang lain yang lebih besar, misalnya layar presentasi atau tembok.

—  Ukuran kekuatan sinar yang dipancarkan proyektor LCD proyektor biasanya dinyatakan dalam satuan ANSI lumens. Semakin besar ANSI lumens, semakin tinggi pula intensitas cahaya yang dipancarkan suatu proyektor LCD.

—  4. Storage Device (Alat Penyimpanan)

—  Alat Simpan atau storage device adalah perangkat keras yang berguna untuk menyimpan data dalam bentuk aslinya (biner).

—  4. Storage Device – Harddisk (HDD)

—  Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis.

—  Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

—  4. Storage Device – CD/DVD ROM

—  CD/DVD-ROM adalah alat yang digunakan untuk membaca cakram CD atau DVD.

—  Pada awalnya alat ini hanya bisa membaca data saja. Perkembangan teknologi membuat CD/DVD drive dapat menulis atau merekam data pada cakram CD atau DVD.

—  4. Storage Device – USB Flashdisk

—  Media penyimpanan USB flashdisk lebih populer disebut flashdisk.

—  Kapasitas penyimpanan data sebuah flashdisk cukup besar, mulai dari ratusan megabyte hingga beberapa gigabyte.

—  Ukuran yang kecil dan sifatnya yang mudah dibawa membuat flashdisk menjadi peralatan wajib bagi pengguna komputer yang harus sering memindahkan data.

—  4. Storage Device – Disket

—  Disket merupakan media penyimpanan data yang terbuat dari cakram magnetik lentur (floopy).

—  Kapasitasnya yang kecil, yakni 1,44 MB, membuat disket tidak banyak lagi digunakan pada masa kini, kecuali untuk beberapa keperluan khusus.

—  4. Storage Device – Optical disk

—  Optical disk atau yang sering disebut CD atau DVD merupakan media penyimpanan berbentuk cakram berdiameter 120 mm dengan lubang berdiameter 15 mm di tengahnya.

—  CD hanya mampu menyimpan data hingga 700 MB, sedangkan DVD mampu menyimpan data hingga 4,7 GB, bahkan 17 GB.

—  5. Periferal Device (Unit Tambahan)

—  5. Periferal Device – Modem

—  Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus.

—  Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog.

—  5. Periferal Device – Kartu Suara

—  Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer.

—  Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:

  1. Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  2. Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
  3. Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire

—  5. Periferal Device – Kartu Jaringan

—  NIC atau Network Interface Card adalah kartu jaringan yang berfungsi menghubungkan satu komputer dengan komputer lain.

—  Ada dua jenis kartu jaringan, yaitu kartu jaringan yang menyatu dengan mainboard (onboard) dan kartu jaringan yang harus ditambahkan pada slot PCI yang terdapat pada mainboard.

—  5. Periferal Device – Modem

—  Modem berfungsi menghubungkan satu komputer ke komputer lain atau ke Internet melalui jalur telepon.

—  Modem yang merupakan singkatan dari modulator demodulator mampu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya.

—  Pada umumnya, modem memiliki kecepatan 56 kbps

—  5. Periferal Device – Hub

—  Hub atau disebut juga switch hub adalah sebuah alat yang digunakan sebagai terminal jaringan komputer yang menggunakan kabel UTP.

—  Jumlah port yang dimiliki hub bervariasi, mulai dari 8, 12, 16, 24 hingga 32 port. Semakin banyak port yang dimiliki suatu hub, semakin banyak pula komputer yang dapat dihubungkannya.

—  5. Periferal Device – UPS

—  UPS atau Uninterupted Power Supply adalah sebuah alat yang berfungsi memberikan tenaga listrik cadangan pada saat listrik PLN tiba-tiba padam.

—  Dengan UPS, komputer masih akan tetap hidup selama beberapa saat ketika listrik padam sehingga kita berkesempatan menyimpan file dan mematikan komputer melalui prosedur yang benar.

*************************************************************************************

— PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

—  Pengertian Perangkat Lunak

—  Perangkat Lunak (software) adalah suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk  menjalankan perangkat keras komputer.

—  Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data.

—  Fungsi Perangkat Lunak (Software)

  1. Sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer
  2. Menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut

—  Pembagian Perangkat Lunak

Berdasarkan fungsinya, perangkat lunak yang terdapat pada sistem komputer dapat dibagi menjadi:

    1. Sistem Operasi (Operation Sistem)
    2. Program Aplikasi (Application Programs)
    3. Bahasa Pemrograman (Programming Language).
    4. Program Bantu (Utility)
    5. Pembagian Perangkat Lunak

Berdasarkan cara mendapatkan perangkat lunak dapat dibagi menjadi:

    1. Freeware à gratis, contoh: Linux
    2. Shareware à berbayar, contoh: Windows, Mac OS X

—  Kedudukan Software dan Hardware dalam Sistem Komputer

 

—

 

 

 

 

 

Sistem Operasi

Perangkat lunak sistem operasi adalah program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain.

—  Fungsi Utama Sistem Operasi

  1. Menyimpan program dan aksesnya
  2. Membagi tugas di dalam CPU
  3. Mengalokasikan tugas-tugas penting
  4. Merekam sumber-sumber data
  5. Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
  6. Memeriksa kesalahan sistem
  7. Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP
  8. Memelihara keamanan sistem,   khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID

—  Contoh Sistem Operasi

1. Linux

—  Sistem Operasi

2. Windows

—  Sistem Operasi

3. MacOS

—  Program Aplikasi (Aplication Programs)

Program Aplikasi adalah  perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu.

—  Misalnya:

  1. Program  pengolah kata à Microsoft Access
  2. Program presentasi à Microsoft Power Point
  3. Program design grafis à Corel Draw, Photoshop
  4.  dan lain-lain

—  Contoh Program Aplikasi

 

 

 

 

—  Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.

 

—  Level dalam Bahasa Pemrograman

1. Bahasa tingkat rendah (low level language)

Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.

2. Bahasa tingkat tinggi (high level language)

Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.

3. Bahasa generasi keempat (4 GL)

Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi   pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++

—  4. Program Bantu (Utility)

Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.

Contoh software ini diantaranya :

—  Norton Utility

—  Winzip

—  Norton Ghost

—  Antivirus

—  Contoh Sistem Utiliti

Antivirus

—  Berguna untuk mengidentifikasi dan menghapus virus yang menyerang sistem operasi

—  Contoh: Kaspersky, Norton, AVG, Avira, dll.

Scandisk

—  Berguna untuk mengetahui kondisi disk dan struktur file pada disk

Defragment

—  Berguna untuk menata ulang struktur file pada  struktur disk

Partisi Tools

—  Berguna untuk mepartisi (membagi) disk menjadi beberapa bagian

—  Contoh: Partition Magic

**********************************************************************************

— Responsi Office

—  Memodifikasi Margin dan Orientasi Halaman

—  Mengubah Orientasi, Ukuran Page atau Kolom

  1. Click tab Page Layout pada Ribbon
  2. Pada group Page Setup, Click Orientation,  drop down menu Size, atau Columns
  3. Click pilihan yang sesuai

—  Menggunakan Page Border dan Warna

  1. Click Tab Page Layout Tab pada Ribbon.
  2. Pada Group Page Background, click drop down menu Page Colors atau Page Borders.

—  Menuliskan Informasi Header dan Footer

Untuk memasukkan informasi seperti halaman, tanggal, atau judul, dll pada atas halaman (header) atau bawah halaman (footer) caranya:

  1. Click Tab Insert pada Ribbon
  2. Click Header atau Footer
  3. Tentukan style

—  Membuat Page Break

Untuk membuat page break:

  1. Click Tab Page Layout pada Ribbon
  2. Pada group Page Setup, Breaks Drop Down Menu
  3. Click Page Break

—  Menambahkan Halaman Judul

Untuk menambahkan halaman judul:

  1. Click Tab Insert pada Ribbon.
  2. Click tombol Cover Page pada Pages Group
  3. Pilih stile dari cover page

—  Menambahkan Halaman Kosong

Untuk menambahkan halaman kosong caranya:

—  Click Tab Insert pada Ribbon

—  Click  tombol Blank Page pada Page Group

—  LIST

—  Bullet dan Numbering

Bullet lists mempunyai bullet points, numbered lists mempunyai angka-angka, and outline lists mengkombinasikan angka dan huruf tergantung dengan bagaimana list tersebut diatur.

Menambahkan list pada text yang sudah ada:

  1. Pilih text yang ingin kita beri list
  2. Pada Group Paragraph yang ada pada Tab Home , Click tombol Bulleted or Numbered Lists

Untuk membuat list baru:

  1. Letakkan cursor ditempat kita ingin membuat list pada dokumen
  2. Click tombol Bulleted or Numbered Lists
  3. Mulailah untuk mengetik

—  Nested List

Nested list adalah list dengan beberapa level indent text.

Cara untuk membuat nested list:

  1. Create list mengikuti proses sebelumnya.
  2. Click tombol Increase or Decrease Indent.

—  Membuat Format List

Membuat Format Lists
Format dari bullet dan numbering dapat dirubah dengan Bullets or Numbering dialog box.

  1. Pilih semua list untuk merubah semua bullets atau numbers,
  2. Letakkan kursor pada satu baris di dalam list yang ingin kita rubah.
  3. Click kanan
  4. Click arrow disebelah bullet atau number dan pilih style bullet atau numbering.

—  DAFTAR ISI (TABLE OF CONTENT)

—  Daftar Isi (Table of Contents)

—  Cara yang paling mudah untuk membuat Table of Contents adalah dengan menggunakan Heading Styles yang ingin kita masukkan ke dalam Table of Contents.  Contoh:  Heading 1, Heading 2, dst sesuai dengan isi dari dokumen kita.

—  Ketika kita menambahkan atau mendelete headings dari dokumen kita, Word akan mengupdate Table of Contents.  Word juga akan mengupdate no halaman pada table of contents  ketika informasi pada dokumen ditambahkan atau dikurangi.

—  Format The Table of Contents adalah berdasarkan pada level heading.

—  Menandai Input Table of Content

Ada dua cara untuk menandai input dari table of content yaitu:

  1. Menggunakan built-in heading styles, atau
  2. Menggunakan individual text entries.

—  Menggunakan Built-In Heading Styles

  1. Pilih text  yang ingin kita jadikan sebagai heading
  2. Click Tab Home
  3. Pada Group Styles, click Heading 1 (atau heading yang sesuai)

—  Menggunakan Built-In Heading Styles (2)

  1. Jika kita tidka melihat style yang kita inginkan, click tanda panah untuk memperluas Quick Styles Gallery
  2. Jika style yang kita inginkan tidak ada, click Save Selection sebagai New Quick Style

—  Menggunakan Individual Text Entries

  1. Pilih text yang ingin kita set sebagai heading
  2. Click Tab References.
  3.  Click Add Text pada group Table of Contents.
  4. Click  Level yang kita inginkan

—  Membuat Table of Contents

Untuk Membuat Table of Contents:

  1. Letakkan cursor pada document dimana kita ingin meletakkan the Table of Contents
  2. Click Tab References
  3. Click tombol Table of Contents

—  Mengupdate Table of content

Jika kita telah menambahkan atau menghapus heading atau input table of content yang lainnya , kita bisa mengupdate table of content dengan Qplikasikan heading atau tandai input table of content seperti langkah sebelumnya.

  1. Click Tab References pada Ribbon
  2. Click Update Table

—  Menghapus Table of Contents

Cara untuk menghapus Table of Contents:

  1. Click Tab References pada Ribbon
  2. Click Table of Contents
  3. Click Remove Table of Contents

—  MEMBUAT DAFTAR GAMBAR

—  Memberi Judul pada Gambar

—  Membuat Daftar Gambar

—  REFERENCE DAN CITACION

—  Reference dan Citacion

—  Word 2007 menyediakan tools  untuk citing sources, membuat bibliography, dan memanage sources.

—  Langkah pertama untuk membuat reference list dan citations dalam documen adalah memilih style yang cocok yang akan digunakan sebagai format dari citation dan reference.

—  Style

Untuk memilih publishing style:

  1. Click Tab References Tab pada Ribbon
  2. Click drop down box disamping Style pada Citations & Bibliography Group
  3. Choose style yang sesuai.

—  Citation

Untuk memasukkan citation pada documen:

  1. Click Tab References pada Ribbon
  2. Click  Insert Citation Button pada Citations & Bibliography Group
  3. jika merupakan source yang baru, click New Source
  4. Jika kita telah membuat source sebelumnya, maka ia akan berada pada drop down list dan kita dapat meng-click nya.
  5. jika kita membuat New Source, pilih the type of source (book, article, etc.)
  6. Lengkapi Create Source Form
  7. Jika kita butuh field tambahan, yakinkan kalau  Show All Bibliography Fields check box sudah di click
  8. Click OK

—  Placeholder

Placeholder digunakan ketika terdapat reference yang mau di cite, tetapi kita tidak mempunyai semua informasinya di dalam source.

Untuk memasukkan Placeholder:

  1. Click Insert Citation
  2. Click Add New Placeholder

—  Manage Sources

Setelah kita menyelesaikan sebuah dokumen, kita mungkin butuh untuk menambah atau mengurangi source, memodifikasi source yang sudah ada, atau melengkapi informasi untuk placeholder. Untuk memanage source:

  1. Click tab References  pada Ribbon
  2. Click  Manage Sources Button pada Citations & Bibliography Group
  3. Dari menu kita dapat melakukan  Add, Delete, and Edit Sources (catatan, kita dapat melakukan preview source pada bagian bawah pane pada window)

—  Bibliography

Untuk menambahkan Bibliography pada document:

  1. Letakkan cursor pada document dimana kita mau bibliography
  2. Click Tab References Ribbon
  3. Click  Bibliography Button pada Citations & Bibliography Group
  4. Pilih Insert Built-in Bibliography/Works Cited atau Insert Bibliography

—  Menambahkan Footnote

Beberapa jenis tulisan ilmiah membutuhkan footnotes.  Untuk memasukkan footnote:

  1. Click Tab References pada Ribbon
  2. Click Insert Footnote (atau Insert Endnote tergantung dengan kebutuhan)
  3. Mulailah mengetik footnote

 

*************************************************************************************

— KOMUNIKASI DATA DAN PENGENALAN DASAR JARINGAN KOMPUTER

—  DEFINISI

—  Jaringan komputer adalah sekumpulan peralatan komputer yang dihubungkan agar dapat saling berkomunikasi dengan tujuan membagi sumber daya (seperti file dan printer).

—  Agar jaringan dapat berfungsi, dibutuhkan layanan-layanan yang dapat mengatur pembagian sumber daya.

—  Dibutuhkan aturan-aturan (protocols) yang mengatur komunikasi dan layanan-layanan secara umum untuk seluruh sistem jaringan

—  SISTEM KOMUNIKASI

—  Jaringan komputer = jaringan komunikasi data = sistem komunikasi

—  Pertukaran data minimal antar dua entitas

—  Model komunikasi umum:

 

—

 

 

SISTEM KOMUNIKASI (2)

—  Contoh:

 

 

 

 

—  KOMUNIKASI DATA

 

—

JENIS-JENIS JARINGAN

—  Berdasarkan koneksi (keterhubungan):

—  Broadcast Links

 

—  Point-to-point Links

—  Berdasarkan skala:

—  Local Area Network (LAN)

—  Metropolitan Area Network (MAN)

—  Wide Area Network (WAN)

—  Internetwork (internet)

—  Berdasarkan topologi:

—  Bus

—  Star

—  Ring

—  dll

—  Berdasarkan protokol:

—  Ethernet

—  Token Ring

—  dll

—  Berdasarkan arsitektur

—  Peer-to-peer

—  Client/Server

—  hybrid

—  BROADCAST LINKS

—  Broadcast links adalah suatu metode pengiriman dimana sinyal dari sender dikirim ke segala arah, ada receiver yang membutuhkan, ada yang tidak.

—  Contoh: siaran radio

—  POINT-TO-POINT LINKS?

—  Point-to-point links adalah suatu metode komunikasi dimana sender hanya mengirim sinyal ke receiver yang membutuhkan.

—  Contoh: pengiriman sms atau telp.

—  LAN

—  Jaringan komputer lokal yang dimiliki oleh sebuah organisasi, dimana perangkat jaringan yang saling terhubung terletak didalam sebuah gedung atau antar gedung yang berjarak beberapa km.

—  Teknologi:

—  Ethernet LAN

—  Wireless LAN

—  CONTOH KONFIGURASI LAN

—  MAN

—  Jaringan komputer yang jangkauannya mencakup kota.

—  Teknologi: jaringan TV kabel

—  CONTOH MAN

—  WAN

—  Jaringan komputer yang cakupannya lebih luas dari LAN, yaitu dari negara sampai benua.

—  Teknologi:

—  Circuit Switching

—  Packet Switching

—  Frame Relay

—  Asynchronous Transfer Mode (ATM)

—  Jaringan wireless seluler

—  Circuit Switching

—  PACKET SWITCHING – FRAME RELAY

—  Qwest ATM Service – Wireless Seluler

—  CONTOH WAN

—  INTERNET

—  Sekumpulan jaringan berbeda (LANs, WANs, atau keduanya) yang saling terkoneksi

—  CONTOH INTERNET

—  CLIENT/SERVER

—  Definisi:

—  Server (back end) = penyedia layanan yang menyediakan akses ke sumber daya jaringan

—  Client (front end) = komputer yang meminta layanan dari server

—  Client/Server yaitu jaringan komunikasi data yang terdiri dari banyak client dan satu atau lebih server.

—  CLIENT/SERVER

—  Keuntungan:

—  Penyimpanan data yang terpusat memberikan kemudahan untuk pengelolaan dan backup data

—  Penggunaan spesifikasi server yang optimal mempercepat proses komunikasi di jaringan

—  Kemudahan mengatur user dan sharing peralatan mahal

—  Keamanan lebih terjamin

—  Kerugian:

—  Biaya pembelian hardware dan software server

—  Dibutuhkan administrator jaringan

—  PEER-TO-PEER

—  Sebuah workgroup, dimana setiap komputer dapat berfungsi sebagai client dan server sekaligus

—  Keuntungan:

—  Tidak ada biaya tambahan untuk pembelian hardware dan software server

—  Tidak diperlukan administrator jaringan

—  Kekurangan:

—  Sharing sumber daya membebani proses di komputer yang bersangkutan

—  Keamanan tidak terjamin

—  HYBRID

—  Menggabungkan keuntungan jaringan client/server dan peer-to-peer

—  User dapat mengakses sumber daya yang di-share oleh jaringan peer-to-peer, dan secara bersamaan dapat menggunakan sumber daya yang disediakan oleh server

—  PERANGKAT JARINGAN

—  Alat pemroses (PC, printer, IP phone, laptop, PDA, mobile phone, dll) = host

—  Network Interface Card

—  Media Transmisi

—  Kabel – wired: twisted pair, coaxial dan fibre optic

—  Wireless: antena, microwave, broadcast radio, infrared, dan bluetooth

—  Repeater, Hub, Bridge, Switch, Router dan Gateways = node

—  ARSITEKTUR PROTOKOL

—  Terdiri dari layer, protokol dan interface

—  Jaringan diorganisasikan menjadi sejumlah level (layer) untuk mengurangi kerumitannya

—  Setiap layer dibuat berdasarkan layer dibawahnya

—  Antar layer terdapat sebuah interface yang menentukan operasi dan layanan yang diberikan layer terbawah untuk layer diatasnya

—  Layer pada level yang sama di dua host yang berbeda dapat saling berkomunikasi dengan mengikuti sejumlah aturan dan ketetapan yang disebut sebagai protokol.

—  ARSITEKTUR PROTOKOL

—  Dua model:

—  OSI (hanya sebuah konsep)

—  TCP/IP (digunakan secara komersial)

—  HUBUNGAN ANTARA LAYER DAN LAYANAN

—  MODEL OSI

—  Open Source Interconnection

—  Dibuat oleh International Standard Organization untuk memberikan model umum untuk jaringan komunikasi data

—  Terdiri dari 7 layer:

—  Physical layer

—  Data link layer

—  Network layer

—  Transport layer

—  Session layer

—  Presentation layer

—  Application layer

—  MODEL OSI

—  PHYSICAL LAYER

—  Menangani pengiriman bit-bit data melalui saluran komunikasi

—  Memastikan jika entiti satu mengirimkan bit 1, maka entiti yang lain juga harus menerima bit 1

—  Fungsi utama untuk menentukan

—  berapa volt untuk bit 1 dan 0

—  berapa nanoseconds bit dapat bertahan di saluran komunikasi

—  kapan koneksi awal dibuat dan diputuskan ketika dua entiti selesai melakukan pertukaran data

—  jumlah pin yang digunakan oleh network connector dan fungsi dari setiap pin

—  Contoh: token ring, IEEE 802.11

—  Perangkat yang beroperasi di layer ini adalah hub, repeater, network adapter/network interface card, dan host bus adapter (digunakan di storage area network)

—  DATA LINK LAYER

—  Menyediakan prosedur pengiriman data antar jaringan

—  Mendeteksi dan mengkoreksi error yang mungkin terjadi di physical layer

—  Memiliki address secara fisik yang sudah di-kode-kan secara langsung ke network card pada saat pembuatan card tersebut (disebut MAC Address)

—  Contoh: Ethernet, HDLC, Aloha, IEEE 802 LAN, FDDI

—  Perangkat yang beroperasi di layer ini adalah bridge dan layer-2 switch

—  NETWORK LAYER

—  Menentukan prosedur pengiriman data sekuensial dengan berbagai macam ukuran, dari sumber ke tujuan, melalui satu atau beberapa jaringan, dengan tetap mempertahankan Quality of Service (QoS) yang diminta oleh transport layer

—  Fungsi:

—  Routing: menentukan jalur pengiriman dari sumber ke tujuan, bisa statik (menggunakan tabel statik yang cocok untuk jaringan yang jarang sekali berubah) atau dinamis (menentukan jalur baru untuk setiap data yang dikirimkan)

—  Pengendalian kongesti (kemacetan pada proses pengiriman data)

—  Mempertahankan QoS (delay, transit time, jitter, dll)

—  Menyediakan interface untuk jaringan-jaringan yang berbeda agar dapat saling berkomunikasi

—  Contoh: Internet Protocol (IP)

—  Perangkat yang beroperasi di layer ini adalah router dan layer-3 switch

—  TRANSPORT LAYER

—  Menerima data dari layer diatasnya, memecah data menjadi unit-unit yang lebih kecil (sering disebut packet), meneruskannya ke network layer dan memastikan semua packets tiba di ujung penerima tanpa ada error

—  Layer ini harus melakukan proses diatas secara efisien dan memastikan layer diatas tidak terpengaruh terhadap perubahan teknologi hardware

—  Fungsi:

—  Flow control

—  Segmentation/desegmentation

—  Error control

—  Contoh: Transmission Control Protocol (TCP), User Datagram Protocol (UDP), Stream Control Transmission Protocol (SCTP)

—  SESSION LAYER

—  Mengijinkan user-user yang menggunakan mesin yang berbeda untuk membuat dialog (session) diantara mereka

—  Fungsi:

—  Pengendalian dialog: memantau giliran pengiriman

—  Pengelolaan token: mencegah dua pihak untuk melakukan operasi yang sangat kritis dan penting secara bersamaan

—  Sinkronisasi: menandai bagian data yang belum terkirim sesaat crash pengiriman terjadi, sehingga pengiriman bisa dilanjutkan tepat ke bagian tersebut

—  PRESENTATION LAYER

—  Mengatur tentang syntax dan semantics dari data yang dikirimkan

—  Manipulasi data seperti MIME encoding, kompresi, dan enkripsi dilakukan di layer ini

—  APPLICATION LAYER

—  Sangat dekat dengan user

—  Menyediakan user interface ke jaringan melalui aplikasi

—  Contoh protokol aplikasi yang banyak digunakan: hypertext transfer protocol (HTTP) yang digunakan di world wide web, file transfer protocol (FTP) untuk pengiriman file antar komputer, simple mail transfer protocol (SMTP) untuk email

—  MODEL TCP/IP

—  Arsitektur protokol yang digunakan oleh Internet dan jaringan komersial lainnya

—  Terdiri dari 4 layer:

—  Data link layer

—  Network layer

—  Transport layer

—  Application layer

—  DATA LINK LAYER

—  Sebenarnya bukan bagian dari TCP/IP suite.

—  Proses pengiriman dan penerimaan packet untuk layer ini dapat dilakukan oleh software device driver dari network card/adapter yang digunakan.

—  Layer ini juga termasuk physical layer, yang terdiri dari komponen fisik seperti hub, repeater, kabel jaringan (UTP, fibre, coaxial), network cards, network connectors (RJ-45, BNC, dll) dan spesifikasi untuk sinyal (level voltase, frekuensi, dll)

—  NETWORK LAYER

—  Awalnya network layer ditujukan untuk mengirimkan packet antar host di sebuah jaringan, contoh X.25

—  Pengembangan ke Internetworking, dimana jalur pengiriman packet dari sumber ke tujuan melalui jaringan-jaringan lainnya (routing)

—  Beberapa protokol bagian dari IP yaitu ICMP (menyediakan informasi dianostik untuk pengiriman packet IP), IGMP (mengelola data multicast), protokol routing seperti BGP, OSPF dan RIP

—  TRANSPORT LAYER

—  Menyediakan layanan pengiriman pesan dari ujung ke ujung yang dapat dikategorikan sebagai:

—  Connection-oriented: TCP (byte-oriented) dan SCTP(stream-oriented)

—  Connectionless: UDP dan RTP (datagram)

—  APPLICATION LAYER

—  Layer ini mencakup presentation dan session layer dari model OSI, dimana layanan dari layer-layer tersebut disediakan melalui libraries

—  Data user yang akan dikirimkan melalui jaringan diterima melalui application layer, baru kemudian diteruskan ke layer dibawahnya, yaitu transport layer.

—  Setiap aplikasi yang menggunakan TCP atau UDP, membutuhkan port sebagai identitas aplikasi tersebut. Contoh: port untuk HTTP adalah 80, port untuk FTP adalah 21

—  Port numbers (16 bit) digunakan oleh TCP atau UDP untuk membedakan setiap proses yang menggunakan layanan mereka

—  Well known ports: 0 s/d 1023 dipesan oleh Internet Assigned Number Authority (IANA) → tidak bisa digunakan secara bebas

—  Registered ports: 1024 s/d 49151 → tidak dikontrol oleh IANA tapi tidak bisa digunakan secara bebas karena sudah direserve oleh sistem komputer

—  Dynamic atau private atau ephemeral (short-lived) ports: 49152 s/d 65535 → bisa digunakan user secara bebas

—  SISTEM OPERASI JARINGAN

—  Menyediakan fungsi khusus untuk

—  menghubungkan sejumlah komputer dan perangkat lainnya ke sebuah jaringan

—  mengelola sumber daya jaringan

—  menyediakan layanan

—  menyediakan keamanan jaringan bagi multiple users

—  Sistem operasi oleh jaringan client/server yang umum digunakan: Windows NT Server family (Windows Server 2000 dan 2003), Novell NetWare, dan Unix/Linux

—  Windows 98, Windows 2000 professional, Windows XP professional, dan Windows NT Workstation tidak digunakan oleh server, tetapi dapat digunakan untuk menyediakan sumber daya untuk jaringan, seperti dapat mengakses file dan printer

—  UNIX

—  Multiuser dan multitasking  operating system

—  Dibuat di Bell Laboratories awal tahun 1970an

—  Tidak user friendly

—  Dapat menangani pemrosesan yang besar sekaligus menyediakan layanan internet seperti web server, FTP server, terminal emulation (telnet), akses database, dan Network File System (NFS) yang mengijinkan client dengan sistem operasi yang berbeda untuk mengakses file yang di simpan di komputer yang menggunakan sistem operasi UNIX

—  Trademark dari UNIX sekarang dipegang oleh the Open Group

—  LINUX

—  Turunan dari Unix yang merupakan freeware dan powerfull operating system

—  Linux dapat digunakan sebagai sistem operasi server dan client

—  Memiliki implementasi lengkap dari arstitektur TCP/IP dalam bentuk TCP/IP networking software, yang mencakup driver untuk ethernet card dan kemampuan untuk menggunakan Serial Line Internet Protocol (SLIP) dan Point-to-Point Protocol (PPP) yang menyediakan akses ke jaringan melalui modem

—  Sejumlah layanan yang disediakan oleh Linux yang berbasiskan TCP/IP suite:

—  Web server: Apache

—  Web proxy: Squid

—  File dan print sharing: Samba

—  Email: Sendmail

—  Domain Name Server: menyediakan mapping antara nama dan IP address dan mendistribusikan informasi tentang jaringan (mail server) contoh BIND

—  NOVELL NETWARE

—  Dahulu digunakan sebagai LAN-based network operating system

—  Dibuat oleh Novell, Inc.

—  Banyak digunakan pada awal sampai pertengahan tahun1990-an

—  Konsep: pembagian disk space dan printer

—  Pengembangan:

—  File sharing: layanan modul file, pencarian lokasi fisik dilakukan di server

—  Caching: meng-caching file yang sedang aktif

—  Netware Core Protocol (NCP) lebih efektif: tidak ada perlu ada acknowledgement untuk setiap permintaan atau data yang dikirimkan

—  Pelayanan selain file dan printer sharing seperti web, email, database, TCP/IP, IPX, dll

—  OS/2

—  32-bit operating system yang dibuat oleh IBM dan Microsoft, tetapi sekarang dikelola hanya oleh IBM

—  Mirip seperti windows tetapi mempunyai feature yang dimiliki oleh Linux dan Xenix

—  Penggunaan telah dihentikan diakhir tahun 2006

—  IBM menggunakan Linux dan keluarga Windows

—  WINDOWS NT

—  Dibuat oleh Microsoft sebagai kelanjutan dari OS/2 versi mereka

—  Versi dari keluarga Windows NT:

—  Windows NT 3.51

—  Windows 2000 (NT 5.0)

—  Windows 2000 Professional (workstation version)

—  Windows 2000 Server

—  Windows 2000 Advanced Server

—  Windows 2000 Datacenter Server

—  Windows Server 2003

—  Windows XP

—  Windows Vista

—  Windows 7

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s