materi alpro

Posted: January 4, 2012 in Biography
—ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

—Tahapan Pembuatan Program
—Mendefinisikan masalah dan menganalisanya.

Mencakup : tujuan pembuatan program, parameter yang digunakan, fasilitas yang disediakan, algoritma yang diterapkan dan bahasa program yang digunakan.

—Merealisasikan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
—
—
Algoritma
—Adalah inti dari ilmu komputer.
—Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau    langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.
—Algoritma adalah blueprint dari program.
—Sebaiknya disusun sebelum membuat program.
—Kriteria suatu algoritma:

– Ada input dan output

– Efektivitas dan efisien

– Terstruktur

—
—Algoritma Dalam Kehidupan
—Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Banyak cabang ilmu komputer yang diacu dalam terminologi algoritma.
—Algoritma juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya resep makanan. Di dalam resep makanan terdapat langkah-langkah yang merupakan algoritma.
—Algoritma dalam Kehidupan
—
Contoh Algoritma 1

Mengirim surat kepada teman:

1. Tulis surat pada secarik kertas surat.

2. Ambil sampul surat.

3. Masukkan surat ke dalam sampul.

4. Tutup sampul surat menggunakan perekat.

5. Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka

tulis alamat pada sampul surat.

6. Jika tidak ingat, lihat buku alamat, kemudian

tulis alamat pada sampul surat.

7. Tempel perangko pada surat.

8. Bawa surat ke kantor pos untuk diposkan.

—Contoh Algoritma 2

Mencari akar bulat positif dari bilangan

bulat (integer) positif a:

—Masukkan bilangan bulat positif a
—Berikan harga awal x sama dengan 1
—Hitung y sebesar x * x
—Jika y sama dengan a maka cetak x

sebagai akar dari a. Selesai

—Tambah nilai x dengan 1
—Pergi ke langkah 3.
—
—Contoh Algoritma 3

Menentukan apakah suatu bilangan merupakan

bilangan ganjil atau bilangan genap.

—Masukkan sebuah bilangan sembarang
—Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 2
—Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2.
—Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.
—Flowchart
—Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah.
—Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma.
—Ada 2 macam Flowchart :

– System Flowchart à  urutan proses dalam system

dengan menunjukkan alat media input, output serta

jenis media penyimpanan dalam proses

pengolahan data.

– Program Flowchart à urutan instruksi yang

digambarkan dengan symbol tertentu untuk

memecahkan masalah dalam suatu program.

—
—Contoh Program Flowchart
—
Simbol-simbol Flowchart
—Flow Direction Symbols (Simbol penghubung alur)
—Processing Symbols (Simbol proses).
—Input-output Symbols (Simbol input-output)
—
—Simbol-simbol Flowchart
—
Simbol-simbol Flowchart – Cont.
——
Pembuatan Flowchart
Tidak ada kaidah yang baku.
—Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah
—Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram  lainnya.
—Secara garis besar ada 3 bagian utama:

– Input

– Proses

– Output

—
—Hindari pengulangan proses yang tidak

perlu dan logika yang berbelit sehingga

jalannya proses menjadi singkat.

—Jalannya proses digambarkan dari atas

ke bawah dan diberikan tanda panah

untuk memperjelas.

—Sebuah flowchart diawali dari satu titik

START dan diakhiri dengan END.

—
—Pembuatan Flowchart – cont.
—
Pembuatan Flowchart – cont.
—Pembuatan Flowchart – cont.
—
Pembuatan Flowchart – cont.
—
Contoh 1 Flowchart
—
Contoh 2 Flowchart
—
Contoh 3: Flowcgart
—Algoritma untuk mencari luas lingkaran

a. Algoritma dengan struktur bahasa Indonesia

1. Beri nilai phi dengan 3.14

2. Masukkan jari-jari lingkaran

3. Kalikan phi dengan kuadrat dari jari-jarinya

4. Tulis hasilnya

b. Algoritma dengan pseudocode

phi = 3.14

Input (R)

L = phi * R^2

Output (L)

c. Algoritma dengan flowchart

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s