e commerce

Posted: January 4, 2012 in Biography
e-Commerce
•Perdagangan elektronik
•E-Business
•perbedaan
•Persamaan

¢Asal-usul E-commerce
¢Mengapa ada e-commerce?
¢Kapan e-commerce mulai deperkenalkan?
¢Karakteristik E-commerce
Transaksi tanpa batas
Transaksi anonim
Produk digital, non digital maupun informasi.
Menggunakan medium internet.
¢Jenis-jenis e-commerce
1.Business to Business.
—model yang digunakan adalah peer to peer.
—salah satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data tanpa menunggu partnernya.
—pertukaran data berlangsung secara berkala.
—trading partner sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan yang cukup lama.
2.Business to Consumer.
—servis yang digunakan bersifat umum dan bisa digunakan oleh khalayak ramai.
—servis diberikan berdasarkan permohonan.
—model jaringan yang digunakan adalah client/service.

¢Klasifikasi system e-commerce
 1. Electronic Markets (EMs)

EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan.

2.Electronic Data Interchange (EDI).   EDI adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial.3.Internet CommerceInternet commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi
informasi dan komunikasi untuk perdagangan.

Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain:

eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.

Aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce

—E-mail dan Messaging
—Content Management Systems
—Dokumen, spreadsheet, database
—Akunting dan sistem keuangan
¢Manfaat E-commerce
Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
Menurunkan biaya operasional (operating cost).
Melebarkan jangkauan (global reach).
Meningkatkan supply management.
Memperpendek waktu produksi.
¢keuntungan e-commerce (ringkas)

– Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.

– Bagi Pengelola bisnis : efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu

– Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.

¢e-commerce mampu menangani masalah berikut :

– OTOMATISASI, proses otomatisasi yang menggantikan proses manual.

– INTEGRASI, proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses.

– PUBLIKASI, memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan.

– INTERAKSI, pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error”

– TRANSAKSI, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lainnya sebagai pihak yang menangani pembayaran.

¢Ancaman menggunakan e-commerce
System Penetration
Authorization Violation
Planting
Communications Monitoring
Communications Tampering
Denial of service
Repudiation

Bgmn ms dpn e commerce
¢Konsumen e-commerce didasarkan pada Perilaku Konsumsinya
1. Implusive Buyers. Konsumen yang ingin cepat-cepat membeli, cenderung gegabah dalam mengkonsumsi produk yang ditawarkan.
2.Patient Buyers. Konsumen yang teliti melakukan komparasi harga dan menganalisa produk yang ditawarkan
3.Window Shoppers. Konsumen yang sekedar browsing atau surfing (mejelajah internet) saja.
¢Bagaimana cara usaha kecil mengambil keuntungan dari e-commerce? (How can small businesses take advantage of e-commerce?)
Kesimpulan
Evolusi Marketing
Konsumen asia mulai keranjingan belanja online
Pasar E-Commerce Indonesia akan tumbuh
Pengguna Internet Indonesia Tumbuh 1.000 Persen

¢dengan e-commerce anda memiliki bisnis dalam genggaman dan mampu menjangkau pasar global!
*******************************************************************************************************

Slide 5

Karakteristik E-Commerce.

Berbeda dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi e-commerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus, yaitu :

Transaksi tanpa batas
Sebelum era internet, batas-batas geografi menjadi penghalang suatu perusahaan atau individu yang ingin go-international. Sehingga, hanya perusahaan atau individu dengan modal besar yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri.Dewasa ini dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa batas waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi secara on line.

Transaksi anonim
Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, yang biasanya dengan kartu kredit.

Produk digital dan non digital
Produk-produk digital seperti software komputer, musik dan produk lain yang bersifat digital dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. Dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet juga meliputi barang-barang kebutuhan hidup lainnya.

Produk barang tak berwujud
Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commercen dengan menawarkan barang tak berwujud separti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.

Slide 6

Kegiatan E-Commerce mencakup banyak hal, untuk membedakannya E-Commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan karakteristiknya:
1. Business to Business, karakteristiknya:
• Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama.
• Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama.
• Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.
• Model yang umum digunakan adalah peer to peer, di mana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.

2. Business to Consumer, karakteristiknya:
• Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secra umum pula.
• Servis yang digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.
• Servis yang digunakan berdasarkan permintaan.
• Sering dilakukan sistim pendekatan client-server. (Onno W. Purbo & Aang Arif. W;

Slide 7

· Electronic Markets (EMs).

EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan. Keuntungan fasilitas EMs bagi pelanggan adalah terlihat lebih nyata dan efisien dalam hal waktu. Sedangkan bagi penjual, ia dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service yang ditawarkan dengan lebih cepat sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak.

· Electronic Data Interchange (EDI).

EDI adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial.
Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”.
EDI sangat luas penggunaannya, biasanya digunakan oleh kelompok retail yang besar ketika melakukan bisnis dagang dengan para supplier mereka.
EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer yang satu ke sistem komputer yang lain tanpa memerlukan hardcopy, faktur, serta terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.
Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.

· Internet Commerce.

Internet commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi
informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan komersial ini seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
Penggunaan internet sebagai media pemasaran dan saluran penjualan terbukti mempunyai keuntungan antara lain untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan melalui internet; harga lebih murah mengingat membuat situs di internet lebih murah biayanya dibandingkan dengan membuka outlet retail di berbagai tempat; internet merupakan media promosi perusahaan
dan produk yang paling tepat dengan harga yang relatif lebih murah; serta pembelian melalui internet akan diikuti dengan layanan pengantaran barang sampai di tempat pemesan.

Slide 8

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:

* E-mail dan Messaging
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking

Slide 9

Mantaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Manfaat dalam menggunakan E-Commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi adalah:
a. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
b. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
Transaksi E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi
c. Melebarkan jangkauan (global reach).
Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.
d. Meningkatkan customer loyalty.
Ini disebabkan karena sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.
e. Meningkatkan supply management.
Transaksi E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.
f Memperpendek waktu produksi.
Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer.
Pernyataan-pernyataan Onno W. Purbo di atas juga didukung oleh permyataan Laura Mannisto (International Telecommunication Union, Asia and the Future of the World Economic System, 18 March 1999, London), yaitu:
a. Ketersediaan informasi yang lebih banyak dan mudah diakses Ketersediaan informasi produksi dan harga dapat diakses oleh pembeli, penjual, produsen dan distributor.
b. Globalisasi Produksi, distribusi dan layanan konsumen : jarak dan waktu relatif lebih pendek, sehingga perusahaan dapat berhubungan dengan rekan bisnis di lain negara dan melayani konsumen lebih cepat. Produsen dapat memilih tempat untuk memproduksi dan melayani konsumen tidak tergantung dimana konsumen itu berada. Perusahaan yang berada di negara berpendapatan rendah dapat mengakses informasi dan membuat kontak bisnis tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi.
c. Mengurangi biaya transaksi dengan adanya system order, pembayaran dan logistik secara online dan otomatis.

Dengan melakukan kegiatan bisnis secara online, perusahaan-perusahaan dapat

menjangkau pelanggan di seluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis

mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan. Pelaku bisnis dapat

mengumpulkan informasi mengenai para pelanggannya melalui penggunaan

cookies. Cookies merupakan file kecil yang terdapat di dalam hard disk pemakai

PROSES DENGAN E-COMMERCE

pada saat pemakai tersebut memasuki sebuah website. Cookies membantu operator

website tadi untuk mengumpulkan informasi mengenai kebiasaan membeli yang

dilakukan oleh sekelompok orang. Informasi ini tidak terhingga nilainya bagi bisnis

karena informasi tadi menjadikan pelaku bisnis membuat target periklanannya lebih

baik dengan informasi yang lebih baik mengenai demografis.

Keuntungan lainnya bahwa e-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya

tambahan. Sebuah perusahaan yang melakukan bisnis di internet akan mengurangi

biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan

pelanggan (customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional. Hal

ini membantu perusahaan dalam meningkatkan keuntungannya. Salah satu jenis

bisnis yang mengambil keuntungan dari e-commerce adalah perbankan.

Keuntungan e-commerce bagi konsumen :

Seperti halnya bisnis yang berkeinginan merangkul e-commerce sebagai suatu cara

yang sah untuk melakukan kegiatan bisnis, konsumen juga berkeinginan mengambil

keuntungan dari seluruh kemungkinan yang ditawarkan oleh e-commerce.

Keuntungan yang terbesar bagi konsumen adalah melakukan bisnis secara online

dengan mudah. Seorang pembeli di internet dapat menggunakan komputer

pribadinya pagi atau malam selama 7 hari per minggu untuk membeli hampir semua

barang. Seorang konsumen tidak perlu mengantri di toko atau bahkan meninggalkan

rumahnya; yang dilakukan hanya mengklik sebuah produk yang ingin dibelinya,

memasukkan informasi kartu kreditnya, kemudian menunggu produk itu tiba melalui

pos.

Beberapa perusahaan e-commerce telah membuat proses ini lebih mudah.

Beberapa toko online menyimpan informasi kartu kredit pembelinya di server

mereka, sehingga informasi yang dibutuhkan hanya dimasukkan sekali saja.

Beberapa bisnis online bahkan tidak mengirimkan produk-produknya ke pelanggan

melalui pos, khususnya yang menjual software komputer. Sebagai contoh :

beyon.com mengizinkan para pelanggannya untuk men-download software yang

dibelinya langsung ke komputer mereka. Produk-produk lain seperti video dan musik

akan tersedia dengan cara seperti ini pada saat mendatang, sejalan dengan

meningkatnya bandwidth dari waktu ke waktu dan waktu download yang meningkat.

Keuntungan lainnya yang ditawarkan oleh e-commerce ke konsumen adalah

pengurangan biaya. Perusahaan yang menjual saham secara online, seperti etrade.

com membebankan biaya hanya sekitar $ 10 per perdagangan, yang jauh lebih

murah jika dibandingkan dengan membeli saham tersebut melalui perantara saham

tradisional.

Secara ringkas keuntungan e-commerce tersebut adalah sebagai berikut :

– Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.

– Bagi Pengelola bisnis : efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu

– Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.

Secara ringkas e-commerce mampu menangani masalah berikut :

– OTOMATISASI, proses otomatisasi yang menggantikan proses

manual.(“enerprise resource planning” concept)

– INTEGRASI, proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi dan

efektivitas proses. (“just in time” concept)

– PUBLIKASI, memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa

yang dipasarkan. (“electronic cataloging” concept)

– INTERAKSI, pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan

meminimalkan “human error” (“electronic data interchange/EDI” concept)

– TRANSAKSI, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yang

melibatkan institusi lainnya sebagai pihak yang menangani pembayaran.

(“electronic payment” concept)

Slide 10

Ancaman Menggunakan E-Commerce (Threats)
Threats merupakan kemungkinan-kemungkinan munculnya kejadian yang dapat membahayakan asset-aset yang berharga.
Ada beberapa bentuk ancaman yang mungkin terjadi:
• System Penetration
Orang-orang yang tidak berhak melakukan akses ke system computer dapat dan diperbolehkan melakukan segala sesuatu sesuai dengan keinginannya.
• Authorization Violation
Pelanggaran atau penyalahgunaan wewenang legal yang dimiliki seseorang yang berhak mengakses sebuah sistim.
• Planting
Memasukan sesuatu ke dalam sebuah system yang dianggap legal tetapi belum tentu legal di masa yang akan datang.
• Communications Monitoring
Seseorang dapat mernantau semua infonnasi rahasia dengan melakukan monitoring komunikasi sederhana di sebuah tempat pada jaringan komunikasi.
• Communications Tampering
Segala hal yang membahayakan kerahasiaan informasi seseorang tanpa melakukan penetrasi, seperti mengubah infonnasi transaksi di tengah jalan atau membuat sistim server palsu yang dapat menipu banyak orang untuk memberikan infonnasi rahasia mereka secara sukarela.
• Denial of service
Menghalangi seseorang dalam mengakses informasi, sumber, dan fasilitas-fasilitas lainnya.
• Repudiation
Penolakan terhadap sebuah aktivitas transaksi atau sebuah komunikasi baik secara sengaja maupun tidak disengaja.

Last slide

Mengapa e-commerce penting untuk anda?

oleh ZuperBUZZ pada 08 September 2009 jam 10:31

berselancar diinternet saat ini menjadi semacam gaya hidup. semakin banyak retailer/penjual yang sadar bahwa ini adalah kesempatan untuk berhubungan langsung dengan konsumen/pembeli.
Sandra Hanchard, analisis hitwise.

Evolusi Marketing
Seiring kemajuan teknologi, internet kini tidak hanya menjadi media informasi, hiburan dan komunikasi. lebih dari itu, internet kini juga sudah menjadi sebuah pasar yang setiap harinya selalu dipenuhi transaksi bernilai triliunan rupiah.

Konsumen asia mulai keranjingan belanja online
Pasar e-commerce di Asia semakin bergairah. semakin banyak konsumen yang berbondong-\bondong berburu barang diinternet. selain karena kepraktisan yang ditawarkan, pesatnya pertumbuhan pasar e-commerce juga didukung oleh adanya perbaikan infrastruktur telekomunikasi dan cara pembayaran yang lebih aman.

segera miliki toko online untuk mengembangkan bisnis anda dengan jangkauan pasar tanpa batas. toko yang dapat dikunjungi oleh calon konsumen dari mana saja dan kapan saja dengan media internet.

Pasar E-Commerce Indonesia akan tumbuh
Perdagangan secara elektronik (e-commerce) di Indonesia diperkirakan akan tumbuh pesat dimasa mendatang. dalam penelitian yang dinamakan Masa Depan Digital disimpulkan bahwa pertumbuhan e-commerce di Asia akan tinggi sekali.

Toko online yang terintegrasi dengan Internet Marketing Support yang dirancang khusus agar produk yg ditampilkan pada toko online anda dapat dilihat oleh ribuan pengunjung setiap harinya.

Pengguna Internet Indonesia Tumbuh 1.000 Persen
Berdasarkan http://www.internetworldstats.com pengguna internet tumbuh lebih dari 1.000 persen dalam 10 tahun terakhir

Toko online yang dapat dikunjungi 24 jam perhari tanpa henti yang berada didalam Online Trading Center dan Online Hyper Mall yaitu dua tempat yang dikelola secara profesional dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sudah terbukti mampu menarik jutaan pengguna internet dari berbagai penjuru dunia untuk membuka layanan website.

Teknologi e-commerce dikembangkan untuk memudahkan manusia mengembangkan bisnis, namun sayangnya masih sedikit dari kita yang menggunakannya, akhirnya mereka yang sudah menggunakan e-commerce mampu menguasai pasar yang begitu luas sampai kepelosok-pelosok negri ini.

dengan e-commerce anda memiliki bisnis dalam genggaman dan mampu menjangkau pasar global!

*****************************************************************************************************

E-COMMERCE

Tahukah Kamu  Penerapan Electronic Commerce bermula diawal tahun 1970-an, dengan adanya Electronic Found Transfer(EFT). tingkat aplikasinya masih terbatas pada perusahaan besar, lembaga keungan, dan beberapa perusahaan kecil. Kemudian muncuk Electronik Data Interchange(EDI), yang berkembang dari transaksi keuangan ke pemprosesan transaksi lain, Jumlah perusahaan yang ikut serta menjadi besar, mulai dari lembaga keuangan sampai perusahaan manufaktur, layanan dsb. Aplikasi lain kemudian muncul, memiliki jangkauan dari perdagangan saham hingga sistem reservasi perjalanan, aplikasi ini disebut aplikasi telekomunikasi.

Tahukan Kamu ???

Lalu istilah e-commerce diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat banner-elektronik pertama kali digunakan untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Riset center e-Commerce di Texas University menganalisa 2000 perusahaan yang online di internet, sektor yang tumbuh paling cepat adalah e-Commerce. Salah satu alasan pesatnya perkembangan bisnis online adalah adanya perkembangan jaringan protokol dan sofware dan tentu saja yang paling mendasar adalah meningkatnya persaingan dan berbagai tekanan bisnis.

Definisi E-Commerce

E-Commerce (Electronic Commerce) atau bisa disebut perdagangan elektronik merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat dalam dunia teknologi informasi, meliputi : penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya

Jenis –Jenis E-Commerce

Secara umum, E-Commerce meliputi aktifitas bisnis secara online untuk produk dan jasa yang bisa dibagi menjadi dua :

 

Jenis –Jenis E-Commerce

Business to Business (B2B) :

Perusahaan membuat transaksi online dengan perusahaan lain.

 

Jenis –Jenis E-Commerce (Cont’d)

Business to Costumer (B2C)

Transaksi online dilakukan antara perusahaan dengan pengguna individu

Contoh E-Commerce

Contoh Proses :

1.Pembelian buku melalui online
2.Pembelian elektronik melalui online
3.Pembelian pakaian melalui online, dll

Aplikasi yang menggunakan sistem E-Commerce :

1.E-mail dan Messaging
2.Akunting dan sistem keuangan
3.Informasi pengiriman dan pemesanan
4.Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
5.Sistem pembayaran domestik dan internasional
6.On-line Shopping
7.Online Banking

 

 

Contoh E-Commerce

Contoh Perusahaan E-Commerce

eBay

Yahoo

Amazon.com

Google

Paypal

Untuk di Indonesia, bisa dilihat di :

tradeworld.com

bhineka.com

fastncheap.com

 

Mengapa E-Commerce???

Perbandingan proses perdagangan manual dengan e-commerce

Mengapa E-Commerce??? (Cont’d)

 

 

 

 

Dari gambar diatas, jelas terlihat perbedaan mendasar antara proses manual dan e-commerce, dimana pada proses dengan e-commerce terjadi efisiensi pada penggunaan fax, pencetakan dokumen, entry ulang dokumen, serta jasa kurir. Efisiensi tersebut akan menunjukkan pengurangan biaya dan waktu/kecepatan proses. Kualitas transfer datapun lebih baik, karena tidak dilakukan entry ulang yang memungkinkan terjadinya human error.

Mengapa E-Commerce???

Kelebihan yang akan didapat :

1.Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional
2.Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar)
3.Menurunkan biaya operasional(opeating cost)
4.Melebarkan jangkauan (global reach)
5.Meningkatkan customer loyality
6.Meningkatkan supplier management
7.Memperpendek waktu produksi
8.Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)

 

Mengapa E-Commerce???

Kekurangan yang akan didapat :

1.Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan.
2.Pencurian informasi rahasia yang berharga.
3.Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan.
4.Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.
5.Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
6.Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

 

 

Daya Jual E-Commerce

Peluang E-Commerce

Dengan memanfaatkan teknolgi informasi dengan e-commerce, akan mendatangkan peluang yang luas terutama munculnya proses bisnis baru dan jasa/produk baru dengan diperolehnya pasar baru bagi perusahaan/organisasi yang menggunakan e-commerce.

Daya Jual E-CommerceTantangan E-Commerce dimasadepan, Perkembangan teknologi yang luas dan lingkungan tiada batas yang diciptakan untuk internet membawa paradigma baru bagi pemerintah dan tanggung jawab sektor swasta. Membuat suatu kondisi yang optimal untuk ekonomi digital baru membutuhkan sesuatu yang baru, pendekatan yang sangat terbatas untuk mempersiapkan aturan-aturan. Jika hal-hal mengenai kebijakan umum dapat ditetapkan dengan baik dan benar, dengan  dibiarkannya e-commerce tumbuh dengan subur maka ekonomi digital akan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dunia dengan baik di abad yang akan datang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s